Usai Diretas, Ini yang Dilakukan Dinas Kependudukan Bekasi

oleh -25 views
Layanan Disdukcapil Kabupaten Bekasi / kabarbekasi.id

Bekasi – Kasus peretasan yang dialami Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi masih menunggu hasil penyelidikan pihak Kemendagri. Agar tidak terulang lagi, penanganan server sudah ditambah pengamanan sistem firewall.

“Kami sudah meminta bantuan ke Dinas Informasi dan Komunikasi Kabupaten Bekasi untuk menambah server dan firewall,” kata Kepala Disdukcapil Kabupaten Bekasi Hudaya, Kamis 10 Juni 2021.

Baca juga: Perhatian! Data Kependudukan di Bekasi Diretas, Layanan Dihentikan

Pihaknya, kata Hudaya masih menunggu evaluasi keamanan IT dan tim IT dari Kementerian Dalam Negeri, serta Badan Siber dan Sandi Negara. Menburutnya, sejak kejadian peretasan pihak Kemendagri sudah memberikan arahan untuk mematikan layanan online.

Hudaya menceritakan, selama ini pengadaan server website Disdukcapil Kabupaten Bekasi dibantu oleh tim IT dari Disinfokom. Tim IT dari Disdukcapil kata dia, selalu berkordinasi dengan pihak Disinfokom. “Kami masih menunggu arahan selanjutnya dari Kemendagri,” kata Hudaya.

Meski demikian, Hudaya mengaku, layanan kependudukan di wilayah Kabupaten Bekasi masih berjalan seperti biasa. Hanya saja, layanan daring atau online masih ditiadakan. Dia mengimbau agar masyarakat bisa mengajukan layanan WhatsApp dan layanan tatap muka di kecamatan.

Baca juga: Tempat Isolasi Terpusat COVID-19 di Bekasi Penuh

“Layanan online masih belum diaktifkan, sesuai arahan Kemendagri, untuk itu layanan dilakukan melakukan WhatsApp dan tatap muka di kecamatan,” kata Hudaya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Bekasi masih memberhentikan layanan kependudukan berbasis online, usai terjadi peretasan data kependudukan. Layanan itu terpaksa dialihkan ke Whatsapp hingga waktu yang belum bisa ditentukan.

Lembaga studi CISSReC, setidaknya data yang dijual ini mencakup 8.797.669 data penduduk. Sebagai rincian, Kabupaten Malang menyumbang data terbanyak dengan 3.165.815 data penduduk, disusul Kabupaten Bekasi sebanyak 2.339.060, Subang 1.989.263, dan Kota Bogor 1.303.531 data. (cil)

Tentang Penulis: Kabar Bekasi

Gambar Gravatar
Kabarbekasi.ID menyajikan berita aktual dan akurat seputar Bekasi. Dilaporkan langsung oleh para reporter kami di lapangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.