Besok Diprediksi Puncak Arus Balik Libur Natal dan Tahun Baru

oleh -111 views
Arus lalu lintas tol Japek / istimewa

PT Jasa Marga Tbk memperkirakan puncak arus balik libur Natal dan Tahun Baru 2021 terjadi Minggu 3 Januari 2021. Jumlah kendaraan yang akan kembali ke Jakarta pada puncak arus balik diperkirakan mencapai 205 ribu kendaraan.

Jumlah itu dinilai naik 18,5 persen dibandingkan dengan lalu lintas normal.  Angka itu merupakan komulatif arus lalu lintas dari beberapa pintu gerbang tol. Seperti Gerbang Tol Cikupa, Ciawi dan Cikampek Utama.

Baca juga: Dalam Sehari, Dua Kecelakaan Beruntun Terjadi di Ruas Tol Japek II Elevated  

“Kami memprediksi dari arah timur mencapai 56 persen dari total lalu lintas. Untuk dari arah Barat sebesar 21,2 persen dan darai arah Selatan 22,4 persen,” kata Corporate Communication & Community Development Group Head, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru, dalam keterangannya yang diterima kabarbekasi.

Heru menjelaskan, saat ini ada 137 ribu kendaraan yang belum kembali ke Jakarta. Dan diperkirakan akan bertambah dengan lalu lintas yang terjadi pada periode Jumat 1- Minggu 3 Januari 2021. Itu makanya, diperkirakan kendaraan yang balik ke Jakarta pada puncak arus sebanyak 205 ribu kendaraan.

Baca juga: Jelang Akhir Tahun, Tingkat Hunian Pasien Covid-19 di Bekasi Capai 82 Persen

Untuk mengantisipaspi kepadatan, Heru mengimbau penggunakan jalan dapat mengatur waktu perjalanan menuju Jakarta. Termasuk agar menghindari pulang bersamaan di hari Minggu 3 Januari 2021. “Karena bakal terjadi kepadatan,” ujarnya.

Heru mengaku, PT Jasa Marga secara intens berkordinasi dengan pihak kepolisian untuk memberlakukan rekayasa lalu lintas seperti contraflow di lokasi kepadatan. Penerapan contraflow arus balik ini untuk menghindari kepadatan pertemuan dua lalu lintas di Tol Cipularang dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek. (cil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.