Awas! BPBD Bekasi Sebut Delapan Kecamatan Rawan Longsor

oleh -75 views
Longsor di Desa Serta Jaya/ kabarbekasi

Bekasi – Wilayah Kabupaten Bekasi dipetakan masuk katagori daerah rawan longsor. Diantara wilayah rawan ada di delapan kecamatan.

Ke delapan kecamatan itu diantaranya, Kecamatan Bojong Mangu seluas 205 Hektare, Cibarusah 11 hektare, Cikarang Barat 10 hektare, Cikarang Pusat 15 hektare, Cikarang Selatan 15 hektare, Cikarang Utara 5 hektare, Serang Baru 11 hektare, Setu 32 hektare. Dengan demikian, total potensi luas bahaya tanah longsor sebanyak 304 hektare.

Baca juga: Masih Ngungsi, Korban Banjir di Bekasi Tagih Janji Jokowi  

“Ada delapan wilayah yang memiliki kerawanan longsor,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Henry Lincoln.

Lincoln menambahkan, kejadian bencana di Kabupaten Bekasi terjadi pada tahun 2020. Seperti bencana ekstrem longsor, banjir di beberapa wilayah. “Bencana tahun 2020 itu diakibatkan karena hujan, hingga genangan air membuat tanah bergerak,” katanya.

Baca juga: Tanah di Cikarang Selatan Amblas, Dua Rumah Rata dengan Tanah

Untuk mengantisipasi kejadian terulang, Kabupaten Bekasi sudah mecatat beberapa poin penting dalam pengawasan bahaya tanah longsor ini. Salah satunya, mengimbau warga untuk menanam pohon di pinggir kali dan tanggul. Sehingga menguatkan tanggul dan tidak mengabibatkan lonsgor.

Kemudian, Lincoln juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah di kali. Hal itu agar tidak terjadi penyumbatan yang berdampak pada longsor. (cil)

Tentang Penulis: Kabar Bekasi

Gambar Gravatar
Kabarbekasi.ID menyajikan berita aktual dan akurat seputar Bekasi. Dilaporkan langsung oleh para reporter kami di lapangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.