Waspada, Jaringan ISIS Rekrut Cewek sebagai Martir Teror

oleh -128 views
Aksi Terorisme
Petugas berjaga-jaga usai Mabes Polri menjadi sasaran aksi terorisme. FOTO - ISTIMEWA

kabarbekasi – Pendukung ISIS mulai kehabisan stok pelaku teror. Khususnya ‘pengantin’ pria sebagai martir. Opsi paling realistis dan masuk nalar, menyulap kaum perempuan sebagai eksekutor tindak kekerasan.

Dengan iming-iming angin surga, kaum labil tersebut dikuatkan untuk melakukan tindak antikemanusiaan. Berlabel jihad, tindakan terorisme seakan mendapat stempel agama. Restu ilahi dengan dalil amar ma’ruf nahi munkar. 

Baca juga: Bobol Mabes Polri, Begini Alur Aksi ZA 

”Ya, kekosongan kader pria karena sudah banyak yang tewas. Perempuan dan kaum milenial menjadi sentral rekrutan kaum berpaham radikal,” tutur Juru Bicara Badan Intelijen Negara (BIN) Wawan Purwanto, di Jakarta, Sabtu (3/4).

Selain itu, perempuan lebih emosional dan militan ketimbang laki-laki. Saat ini, tidak sedikit perempuan meniru perbuatan teroris laki-laki. Bahkan, tidak jarang kerap lebih dulu mengajak. “Termasuk kasus bom panci. Efek contekan gerakan dan tren meningkat,” ucapnya. 

Baca juga: Usai Serangan Teroris Milenial, Perketat Pengamanan Mabes Polri 

Keluarga terdekat bisa menjadi agen pencegah aksi teror. Misalnya, orang tua melaporkan anak dan menantu karena gerak-geriknya sangat aneh. Terindikasi terpapar radikalisme. ”Kasus di Lampung dan Sibolga yang lapor orang tuanya,” bebernya.

Keterlibatan perempuan dalam tindak pidana terorisme di Indonesia bukan barang baru. Pelaku teror di Mabes Polri pada Rabu (31/3), menambah daftar panjang perempuan di pusaran terorisme.

Baca juga: Densus 88 Amankan Istri Terduga Teroris di Bandung

Kapolri Listyo Sigit Prabowo menyebut Zakiah Aini 25, pelaku seorang diri (lonewolf) terpapar ideologi ISIS. Zakiah, teror bom di depan Katedral Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (28/3) lalu juga melibatkan perempuan.

Pada 2018, simpatisan ISIS yaitu Puji Kuswati, membawa anak perempuan berusia sembilan dan dua belas tahun meledakkan bom bunuh diri dalam serangkaian serangan di tiga gereja di Surabaya, Jawa Timur. (put)

 

Tentang Penulis: Kabar Bekasi

Gambar Gravatar
Kabarbekasi.ID menyajikan berita aktual dan akurat seputar Bekasi. Dilaporkan langsung oleh para reporter kami di lapangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.