Trik Menjaga Tubuh Tetap Aktif dan Sehat di Musim Hujan

oleh -95 views
tips sehat
ilustrasi / cigna

kabarbekasi – Musim hujan sudah masuk ke Indonesia. Pada saat musim ini, tentu banyak orang memilih untuk mengurangi aktivitasnya. Pemicunya karena kondisi udara yang dingin, dan terkendala hujan besar.

Dengan kondisi musim hujan seperti ini, tentu akan berdampak kepada kesehatan tubuh anda. Penyakit flu dan pilek menjadi teman terdekat. Untuk itu, agar tubuh kita bisa terjaga tetap sehat di musim hujan, berikut lima tips yang dilansir Cigna.

1. Selalu Bawa Payung

Payung merupakan peralatan yang wajib Anda bawa saat musim hujan, sekalipun Anda bepergian dengan mobil. Anda tidak akan tahu bila sewaktu-waktu butuh bepergian atau melewati area yang tidak beratap saat sedang turun hujan. Bawalah payung lipat agar lebih praktis, atau gunakan jaket dengan tudung (hoodie) bila Anda ingin memakai jaket sehari-hari.

2. Konsumsi Makanan Bersih dan Sehat

Anda perlu memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi saat musim hujan, terutama bila Anda gemar makan di tempat yang diragukan kebersihannya. Makanan yang ‘kotor’ berpotensi membuat Anda terkena diare. Pastikan juga Anda menambah konsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah untuk menjaga kebugaran tubuh.

3. Siapkan Baju Ganti

Sekalipun Anda membawa payung atau menggunakan jaket bertudung, tidak ada salahnya untuk membawa baju ganti untuk berjaga-jaga. Bila pakaian yang Anda kenakan basah kuyup akibat hujan, Anda akan mudah terserang penyakit flu atau pilek bila tidak cepat-cepat diganti dengan pakaian kering.

4. Rajin Membersihkan Tubuh

Bakteri dan virus mudah menyebar pada saat musim hujan, sehingga Anda perlu rajin membersihkan tubuh. Mandi sehari minimal dua kali sebaiknya selalu Anda biasakan setiap hari. Selain itu, pastikan agar Anda membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun hingga bersih, terutama sebelum makan dan saat pulang beraktivitas.

5. Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Baik musim kemarau maupun hujan, tubuh Anda tetap perlu terhidrasi. Minumlah sekitar enam hingga delapan gelas hangat per hari, dan Anda dapat menambahkan parutan lemon untuk membantu menyehatkan tubuh. Kondisi tubuh yang terhidrasi dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. (cil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.