Begini Kata Pemkot Bekasi soal Pencemaran Kali Bekasi

oleh -94 views

Bekasi – Pemerintah Kota Bekasi memyatakan aliran air yang menyebabkan Kali Bekasi kembali tercemar berasal dari aliran limbah dari luar Kota Bekasi.

Atas kaitan itu Pemeritah Kota Bekasi memberi klarifikasi. Dalam rilis yang disampaikan bagian humas menulis sebagai berikut

“Berkenaan kejadian dugaan pencemaran Kali Bekasi pada hari Kamis 10 Agustus 2023 yang menyebabkan warna air Kali Bekasi menjadi hitam dan berbau, hingga mengganggu suplai baku air PDAM Tirta Patriot dengan ini disampaikan kronologis kejadian hasil penelusuran bersama antara Tim Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bekasi, Patroli sungai DLH Provinsi Jawa Barat dan Tim Komunitas Peduli Sungai Cikeas Cileungsi (KP2C) sebagai berikut :

Pada hari Sabtu tanggal 5 Agustus, Tim DLH Kota Bekasi dan Patroli Sungai telah menemukan indikasi air kali Bekasi berwarna kehitaman dan berbau pada saat monitoring dan pemantauan di kali Cileungsi, jembatan Canadian, Kota Wisata (wilayah Kabupaten Bogor) dan Curug Parigi (wilayah Kota Bekasi);

Berdasarkan hasil penelusuran dan keterangan pengurus KP2C bahwa air kehitaman dan berbau berasal dari aliran sungai Cileungsi yang berada di wilayah Kabupaten Bogor (jembatan Canadian Perumahan Kota Wisata);

DLH Provinsi Jawa Barat bersama dengan DLH Kota Bekasi dan DLH Kabupaten Bogor telah melakukan patroli sungai rutin, pemantauan dan pengawasan, dengan hasil 3 perusahaan di wilayah Kabupaten Bogor telah masuk dalam ranah pidana dan perusahaan lain yang melakukan pencemaran dikenakan sanksi administrasi.

Langkah-langkah yang telah dilakukan oleh DLH Kota Bekasi adalah : Melaporkan kejadian pencemaran tersebut ke DLH Provinsi Jawa Barat; Mengambil sampel air kali Bekasi yang tercemar (LHU sedang dalam proses).

Selanjutnya DLH Kota Bekasi akan segera melakukan investigasi dan pengawasan bersama dengan DLH Provinsi Jawa Barat dalam waktu segera. (adv/humas)

Tentang Penulis: Kabar Bekasi

Gambar Gravatar
Kabarbekasi.ID menyajikan berita aktual dan akurat seputar Bekasi. Dilaporkan langsung oleh para reporter kami di lapangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.